Hai Sob, postingan saya kali ini mengenai bagaimana cara membuat laporan prakerin. Untuk kalian siswa/siswi SMK pasti bakalan deh nglakuin rasanya prakerin, dan setelah itu, kita di tuntut oleh sekolah untuk membuat laporan, dalam hal lain kita menuliskan kegiatan-kegiatan apa saja yang sudah kita lakukan ketika di tempat DU/DI.
Nah, saya mau berbagi ilmu nih tentang urutan membuat laporan tersebut.
Contoh laporan:
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
BLC TELKOM KLATEN
Oleh
:
NAMA : GUSTINI QOMSYATUN
NIS :8642
KELAS :XI
PROGRAM
KEAHLIAN : Rekayasa Perangkat Lunak
SMK NEGERI 1 PEDAN
Ajaran Th 2014/2015
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
BLC TELKOM KLATEN
Oleh:
NAMA :GUSTINI QOMSYATUN
NIS :8642
KELAS : XI
PROGRAM
KEAHLIAN : Rekayasa Perangkat Lunak
Disahkan
dan disetujui oleh:
Pimpinan Pembimbing
SUWANDONO SUNARTO S.Pd
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini Disampaikan untuk Memenuhi Persyaratan
Penyelesaian Praktek Kerja Industri SMK Negeri 1 Pedan
Tahun pelajaran : 2014/2015
Oleh:
NAMA :GUSTINI QOMSYATUN
NIS :8642
KELAS : XI
PROGRAM
KEAHLIAN : Rekayasa Perangkat Lunak
Disahkan
Dan Disetujui Oleh:
Kepala SMK Negeri 1 Pedan Guru Pembimbing
Ir. Marjono S.pd SUNARTO S.Pd
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya
ucapkan kepada ALLAH SWT, karena dengan rahmat dan karunianya Penulis dapat
menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah dilaksanakan
di BLC TELKOM Klaten. Laporan ini disusun sebagai salah satu
persyaratan mengikuti Uji Kompetensi di SMK Negeri 1 Pedan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kegiatan
Prakerin dimaksudkan sebagai salah satu bekal dalam memasuki jenjang dunia
usaha atau dunia industri dan untuk memupuk sikap mental yang lebih baik dalam
melaksanakan kewajiban sebagai penerus bangsa sehingga mampu dan siap bekerja.
Sehubungan
dengan terlaksananya Prakerin ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari
semua pihak secara moril maupun materil, oleh karena itu saya mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan
motivasi selama PRAKERIN.
2. Bapak Suwandono (Suro Dhemit) selaku pemimpin BLC TELKOM Klaten.
3. Bapak Ir. Marjono, S.Pd
selaku kepala SMK Negeri 1 Pedan.
4. Bapak Sunarto S.Pd selaku Pembimbing Pelaksanaan Praktek Kerja Industri PRAKERIN).
5. Bapak Suhartana
S.kom selaku Ketua Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Pedan
6. Semua pihak yang telah
membantu dan mendukung dalam penyusunan laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu
penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun bagi pembaca dan
masyarakat umum, semoga laporan ini bermanfaat.
Pedan, 04 April 2015
Penyusun
Penyusun
Gustini Qomsyatun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
HALAMAN
PENGESAHAN INDUSTRI
HALAMAN
PENGESAHAN SEKOLAH
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
l PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Praktek Kerja Industri(Prakerin)
1.2.
Tujuan Praktek kerja Industri(Prakerin)
1.3.
Tujuan Pembuatan Laporan Praktek Kerja Industri
1.4.
Batasan Masalah
1.5.
Tempat dan Waktu
BAB
ll TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN
2.1 Sejarah Singkat Perusahaan
2.1.1. Visi
2.1.2. Misi
2.2. Kepegawaian dan Disiplin Kerja
2.2.1. Pasal
1(Kepegawaian)
2.2.2. Pasal
1(Disiplin Kerja)
BAB
lll JUDUL LAPORAN( ISI LAPORAN)
3.1.
Sekilas Mengenai Kegiatan
BAB
lV PENUTUP
4.1.
Kesimpulan
4.2. Saran
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Sekolah
Menengah Kejuruan sebagai salah satu Sub Sistem Pendidikan Nasional, memiliki kedudukan sangat penting
dalam fungsi menyiapkan tenaga kerja terampil untuk menunjang system pendidikan
nasional. Upaya penyiapan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan
dunia usaha dan industri, didekati melalui kebijakan “link and match” adalah
penyelenggaraan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin).
Pada
dasarnya Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan penyelenggaraan yang
mengintegrasikan secara tersistem pendidikan dunia usaha dan industry.
Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan standar
nilai sekolah dan dunia kerja serta sekaligus mendekatkan supply dan demand
ketenaga kerjaan.
Landasan
pelaksanaan kegiatan Praktek kerja Industri (Prakerin) Sekolah menengah
Kejuruan (SMK) di dasarkan atas arahan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN)
1993 dan ketentuan dalam Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem
Pendidikan Nasioanl serta peraturan-peraturan pendukungnya antara lain :
1.
GBHN
Meningktakan
kualitas tenaga kerja merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan
masyarakat serta Badan Usaha yang memakai tenaga kerja.
2.
UU SPN No. 2 tahun 1989
Ban W Pasal (1)
Penyelenggaraan
pendidikan pelaksanaan dua jalur yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur
pendidikan luar sekolah.
3.
PP No. 39 Bab III Pasal
4 Butir (3)
Peran serta
masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan Nasional dapat berbentuk pemberian
kesempatan magang dan/atau latihan kerja.
4.
Kep. Mendikbud No.
4990/U/1992 Pasal 33 Butir (6)
Kerjasama SMK
dengan dunia usaha terutama bertujuan untuk meningkatkan kesesuaian program SMK
dengan kebutuhan dunia usaha yang diusahakan dengan azas saling menguntungkan.
Kerjasama SMK dengan dunia usaha antara lain meliputi Praktek Kerja Industri
(Prakerin) dan magang.
1.2. Tujuan Praktek Kerja
Industri (Prakerin)
Prakerin pada dasarnya merupakan
kegiatan intrakurikuler, harus dilaksanakan oleh setiap peserta diklat secara
individu.
Dengan pengaturan organisasi an pola
penyelenggaraan pendidikan SMK perlu membentuk proses kegiatan atau seluruh komponen
keahlian dan kejuruan dalam bentuk latihan kerja didunia kerja.
Meningkatkan pemahaman dan pemantapan
serta mengembangkan peserta diklat yang di dapat disekolah dan menerapkan di
dunia usaha.
Meningkatkan
keterampilan berupa penguasaan kemampuan professional kejuruan peserta diklat.
1.3.Tujuan Pembuatan
Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin)
Adapun
tujuan pembuatan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini adalah :
1. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan atau pengalaman dalam bentuk tulisan tersusun
secara sistematik atau kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar ;
2. Peserta
didik mampu mencari alternative pemecahan masalah kejuruan sesuai dengan
program studinya yang terungkap dalam laporan tertulis ;
3. Memberikan
informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dari
Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) ke sekolah.
1.4. Batasan Masalah
Dalam
laporan pelaksanaan Prakerin ini penulis belajar Linux,
karena memang OS Linux yang digunakan untuk semua kegiatan di sana. Dan baru pertama kali penulis belajar Linux.
1.5. Tempat dan Waktu
Adapun
tempat Prakerin peserta pada BLC TELKOM Klaten
dengan waktu praktek 09 Februari 2015 - 04 April 2015.
BAB II
TINJAUAN UMUM TENTANG PERUSAHAAN
2.1. Sejarah Singkat
Perusahaan
Selasa 16 Juli 2013 kemarin, BLC
Telkom KPLI Klaten telah resmi digunakan untuk kepentingan masyarakat
Klaten. Peresmian dilakukan mulai pukul 16.00 WIB di BLC Telkom - KPLI Klaten Jalan Srigading No. 07 Klaten.
BLC ini merupakan Pusat Pelatihan Internet di Klaten yang diselenggaran secara gratis dan dapat digunakan untuk masyarakat umum tanpa memandang kasta. BLC Telkom - KPLI Klaten ini berdiri atas kerjasama antara KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) Klaten dengan Telkom.
Dalam peresmian BLC Telkom - KPLI Klaten kemarin dihadiri pula oleh Bupati Klaten, yang mana dalam sambutannya juga memberikan dukungan penuh kepada BLC Telkom - KPLI Klaten agar dapat membantu mewujudkan Klaten Go Online.
Selain itu, Koordinator KPLI Klaten yang juga sebagai Koordinator BLC,
Suro Demit juga memaparkan bahwa dengan adanya Pusat Pelatihan Komputer
Gratis di Klaten ini masyarakat Klaten akan semakin maju dan dapat
membawa produk lokal agar lebih dikenal, dan BLC Telkom - KPLI Klaten ini adalah satu-satunya media atau wadah yang dapat masyarakat Klaten gunakan untuk belajar internet serta didalamnya.
Selain sebagai Pusat Pelatihan Internet, BLC Telkom - KPLI Klaten
ini juga sudah menggandeng beberapa instansi baik pemerintah, swasta
bahkan masyarakat UKM untuk bersama-sama membangun Klaten menuju #KlatenGoOnline , salah satunya dengan mengadakan Pelatihan-Pelatihan serta kerjasama lebih lanjut.
Diharapkan dengan adanya BLC Telkom - KPLI Klaten ini Kabupaten Klaten menjadi lebih dikenal dan dapat mewujudkan visi misinya untuk Klaten Go Online.
2.1.1. Visi
Membentuk masyarakat peduli terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga dapat diterapkan sesuai dengan bidangnya.
2.1.2. Misi
Memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada masyarakat secara gratis.
2.1.3. Moto
Listrik
untuk Kehidupan yang Lebih Baik
2.2. Kepegawaian dan
Disiplin Kerja
2.2.1 Pasal 1 (Kepegawaian
Dalam peraturan
kepegawaian ini yang dimaksud dengan:
a. Pegawai adalah mereka yang telah memenuhi syarat-syarat
yang ditentukan, diangkat dan diberi penghasilan menurut ketentuan yang berlaku
di perseroan, termasuk pegawai yang ditugas karyakan.
b.Peraturan kepegawaian adalah ketentuan sebagaimana yang
diatur dalam peraturan disiplin pegawai ini.
c. Pejabat yang berwenang menjatuhkan sanksi adalah pejabat
yang diberi wewenang menjatuhkan sanksi, yang selanjutnya dapat disingkat
dengan PYBM.
d.
Sub unit pelaksana adalah unit organisasi pelaksana satu
tingkat dibawah unit pelaksana.
e.
Pimpinan adalah unit pejabat yang memimpin unit induk
atau unit pelaksana.
2.2.2
Pasal
1 (Disiplin Kerja)
Dalam peraturan
disiplin pegawai ini yang dimaksud dengan:
a.
Disiplin adalah ketaatan dan kepatuhan terhadap peraturan
yang berlaku.
b.
Peraturan disiplin pegawai adalah ketentuan-keterntuan
sebagaimana yang diatur dalam peraturan disiplin pegawai ini.
c.
Pelanggaran disiplin adalah setiap ucapan, tulisan atau
perbuatan pegawai yang melanggar peraturan disiplin pegawai, baik yang
dilakukan didalam maupun diluar jam kerja.
d.
Sanksi disiplin adalah sanksi yang dijatuhkan kepada
pegawai karena melanggar peraturan disiplin pegawai.
BAB III
ISI LAPORAN
Untuk isi laporan. Saya menulis blog. Lihat http://gustiniqomsyatun.blogspot.com/
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
1.
Kegiatan prakerin sangat bermanfaat bagi
siswa-siswi SMK Negeri 1 Pedan. Dengan adanya kegiatan prakerin, siswa di
tuntut untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berinteraksi dengan orang lain
sehingga siswa diharapkan dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang
tinggi.
2.
Prakerin merupakan kegiatan praktek di luar jam
sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa dapat
berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3.
Saya sangat menggali ilmu jauh lebih banyak di
BLC TELKOM Klaten. Ternyata belajar linux itu mudah. Dan saya senang
menjalankan aplikasi-nya, misalnya aplikasi-aplikasi sekolah. Di BLC TELKOM ini
saya banyak sekali kemajuan, entah itu dalam hal kemandirian, kekreatifan, bahkan
kemampuan saya.
4.
Di BLC Telkom, saya banyak mempunyai teman baru,
bahkan se-Indonesia. Dan saya juga bisa mengenal karakter-karakter teman-teman
saya di luar daerah. Kita saling berbagi ilmu, bertukar ilmu dan yang paling
menarik ketika kita menemukan error. Rasanya belum lega, jika kita belum
menemukan error. Sungguh mengasyikkan belajar linux.
5.
Belajar linux memang tidak sulit, berbeda dengan
yang saya fikirkan. Di BLC TELKOM, metode yang diberikan juga sangat menarik
dan mengasyikkan. Saya disini berlomba-lomba dengan teman saya untuk mencari
error. Dan error itu bukan menjadi
masalah bagi saya, melainkan membangunkan semangat saya untuk lebih dan lebih
mendalami pekerjaan saya.
6.2. Saran
Dalam
proses PRAKERIN ini dibutuhkan kedisiplinan dan keseriusan dalam
mengerjakannya. Dan sebelum bekerja alat dan bahan harus disiapkan
selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan kendala-kendala yang menghambat
proses praktek yang dikerjakan.
DAFTAR PUSTAKA
+ komentar + 1 komentar
Posting Komentar